Moralitas dan Sudut Pandang


Weh…… apa kabar saudara-saudara sebangsa, setanah air, selangit, selang air, selang infuse hehehe…. Udah mulai ngacao (maaf ini masih pengaruh ujian yang minta disemprot baygon). Hari ini aku ujian Applied Linguistic. Ayo sama-sama gorok dosennya. Uih… pertanyaannya itu lo, bikin cucah mingkem. Mengejutkan, mengagetkan, mencengangkan, sampai membangunkan daya juang pahlawan-pahlawan waktu perang dulu untuk mengusir penjajah. Untung Cuma semangat, kalo sampai pahlawannya yang ikut bangun, ngeri juga kali ya? Tapi kalau itu terjadi, guru-guru sejarah pasti bakal hepi banget. Soalnya, bisa nanya langsung kejadian sebenarnya waktu perang dulu. Hehehe….. tolong pikiran semacam ini jangan di coba di rumah apalagi pada anak kecil. Kasihan bangsa kita!

Balik lagi ke ujian yang bikin autis. Abis, ngerjainnya sampai bikin teriak sendiri, nangis sendiri, ketawa sendiri, untung cuma dalem hati. Tapi kalo gitu, jangan- jangan hatiku autis nie! Berkat kuasa Tuhan yang maha pengasih, setelah setengah jam, sang dosen meninggalkan kelas, dan, dan, dan kita ujian tidak diawasi. MERDEKA. Semua berisik, semua melirik, semua bertanya, semunya nyontek. Gile bener. Tapi kejahatan terjadi bukan hanya karena keinginan, tapi juga karena ada kesempatan. Hehehe… thanx to my friends for being my partner in crime.

Inget ngak waktu kita SD dulu, kita sering banget di wejangi supaya ngak bo’ong, ngak nyontek, ngak berantem dan ngak boleh nakal. Soalnya itu tindakan yang dilarang sama Tuhan, dan kalo dilanggar, nanti kita bisa masuk neraka dengan jutaan siksaan. Kata bapakku waktu aku kecil dulu, di neraka ada wajan gede banget yang isinya minyak panas. Trus kata dia juga, kalo aku bikin dosa, nanti aku digoreng kayak ayam. Buset dah, ngeri banget yak? Dengan polosnya aku percaya dan tidak melakukan hal yang dilarang Tuhan. Dulu aku baik ya? Promosi

Tapi entah kapan dan kenapa, semua itu seolah-olah tergeser. Aku jadi sering nyontek, kalo kepepet aku juga kadang bo’ong. Hehehe…. What do you think guys? Apa semakin kita dewasa ,semakin kita tidak berhaklak? Cie…. Bahasanya. Sok nyastra nie gue!

Sebenarnya apa sih esensi bohong itu? Suatu tindakan yang salah? Aduh…tambah lama pertanyaan diotakku tambah merajalela. Well, beberapa hari yang lalu temenku sms tengah malem. Dia bilang,

Sms temenku : aku benci dibohongi. Sesakit apa pun, jujur tetap lebih baik. I hate it!

Setelah menerima sms itu, aku langsung, langsung tidur lagi. Hehehe… maaf ya teman, sumpah ngantuk banget!

Buat temenku yang lagi marah sama seseorang yang aku tahu sesungguhnya dia sayang banget sama orang membohongi dia, pernah denger soal white lie atau bohong demi kebaikan? I know it’s not excuse for lying. Tapi adakalanya kita ngak boleh melihat sesuatu Cuma dari satu angle saja.

Coba seandainya kita yang ada diposisi orang itu. Apa iya, kita ngak akan melakukan hal yang sama. Mungkin kita bisa komentar ini itu, trus bilang “If I were you, I will not” argh…. Jangan sombong. Kita ngak akan pernah tahu seberapa berat hidup seseorang, sebelum kita menjadi orang itu. So stop to blame!

Sesaat sebelum beranjak tidur!

Posted by nurani | at 22:26

0 comments:

Post a Comment