contreng

Pemilu sudah dekat. Ayo kita beramai-rami nyontreng! Tapi rada aneh ya mendengar kata contreng. Kurang nancep gitu. Mungkin ini efek dari ngak nyoblos, makanya ngak nancep. Harusnya, abis dicoblos pukul palu kali ya? Hehehehe…… tapi sebenarnya bukan itu yang bikin aku khawatir.

Kemarin, aku menjemput adekku di rumah nenekku. Sambil nunggu adekku yang lagi sibuk main sama sepupuku yang masih balita, aku memutuskan untuk merubah habit. Ngak nonton tipi tapi baca Koran. Hehehe….. I have changed the history. Terpangpanglah, sebuah foto caleg yang sering banget aku lihat diseputaran Denpasar. Kayaknya kalo ngak kepilih jadi caleg, langsung saja hubungi agency model iklan, atau sekalian main sinetron saja, toh mukanya sudah familiar. Baru ngerti apa yang disebut membangun aset. Hehehe…..

Tiba-tiba datanglah nenekku. Trus ngajak aku ngobrol yang menyebabkan malapetaka itu terjadi. Andai dapat ku ulang waktu!

Nenekku : Baru pulang sekolah?

Aku : (ya, elah, uda kuliah juga. Tetep aja di katain sekolah! ) Ngak, kan libur!

Nenekku : oh, sekarang kan minggu ya, lupa.

Aku : Dong, sudah tahu mau milih siapa pas pemilu?

Nenekku : Sudah.

Aku : Tapi sekarang ngak ada foto lo!

Nenekku : Trus gimana ya? yah, coblos semabarang aja.

Aku : Ye, mana bisa gitu. Lagian juga, sekarang tu nyontreng bukan nyoblos, DADONG!

Nenek yang aku panggil dadong sangat tidak ambil pusing masalah nyoblos atau nyontreng. Eh, malah adekku yang berprilaku ajaib dan kurang masuk akal, yang sewot. Tiba-tiba dia datang bawa pulpen sama kertas.

Adekku : Dong, sini, belajar nyontreng.

Ajaibanya, diluar dugaan, nenekku yang buta pendidikan, dan bahkan ngak pernah megang pulpen seumur hidupnya, kelihatan excited banget loh! Dia benar-benar memperhatikan dengan seksama dan nyaris tidak berkedip selama pelatihan menyontreng. Adekku juga kelihatan bangga banget bisa jadi guru contreng. Itu awalnya, tapi lama-lama aku melihat muka adikku mulai berubah. Keringatnya mengalir, matanya merah,rambutnya berantakan digarukin. Lalu “fuih….. adek ngak akan nyerah” katanya menyemangati diri sendiri ditengah-tengah proses pembelajaran menyontreng. Nenekku memang susah banget diajarin. Tangannya kaku banget. Mungkin, aku milih membengkokan paku ketimbang ngajarin nenekku nyontreng. Kalo nge-bengkokin paku, tinggal getok pakai palu saja beres. Lah, ini gimana getok pakai palu, bisa-bisa nyawa taruhannya. Ngak lucu dong, kalau head line Koran “ Cucu masuk penjara gara-gara ngegetok neneknya dengan palu saking stresnya ngajarin nenekknya nyontreng” makanya aku lebih baik menonton adekku yang sok pintar dan mulai emosi.

Tapi demi kesuksesan proyeknya ini, adekku rela mengabdikan waktu dan kesabarannya pada nenekku. Setelah beberapa lama, akhirnya usaha adekku berhasil. Nenekku bisa nyontreng. Percayalah adekku, aku, kakakmu ini bangga padamu.

Dalam perjalanan pulang, aku ngobrol sama adekku masalah nyontreng.

Aku : KPU apa ngak mikir orang yang ngak bisa nulis, baca, atau mungkin yang ngak pernah pegang pulpen kayak dadong kita itu.

Adekku : iya. Tapi kan sekarang kita ngak usah khawatir. Dadong sudah bisa nyontreng. (kata adekku bangga. Bukan, tapi bangga buanget)

Aku : apanya yang ngak khawatir, dadong kan ngak bisa baca, udah gitu surat suara juga ngak ada fotonya. Gimana caranya nyontreng caleg! Hahahahahaha.

Adekku : Ngik!.....(mukanya shok!) trus gimana ya?

Aku : gini aja Dek, ajarin aja Dadong baca! Hahahaha. Lagian masih ada waktu!

Adekku : Iya, bener! Ajarin baca. Adek mau ajarin Dadong baca sekarang!

Aku : Ngik! (ini siapa yang bego ya?)

Posted by nurani | at 22:22

0 comments:

Post a Comment